Ayo Cari RANDOMINFO lainnya disini

10 Jembatan Raksasa di Atas Air

.
Jembatan tak hanya menjadi alat penyeberangan, tetapi juga tujuan wisata. Terlebih lagi, jika jembatan yang dilalui mencatat rekor terpanjang di dunia, seperti 10 jembatan ini. Panjangnya mencapai puluhan kilometer! Dikutip dari USA Today, Rabu (1/5/2013).

10. Jembatan Vasco da Gama, Portugal
Berada di posisi paling buncit adalah Jembatan Vasco de Gama di Lisbon, Portugal. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 17,1 km.
Jembatan Vasco da Gama adalah yang terpanjang di dunia. Diperlukan waktu 3 tahun untuk membuat jembatan ini. Kemudian pada akhirnya di tahun 1998, Jembatan Vasco da Gama resmi dibuka untuk lalu lintas.
Kerennya, jembatan ini sengaja dirancang untuk menahan angin berkekuatan 249,5 km/jam. Tak hanya itu, konstruksinya juga dibuat untuk menahan gempa bumi 4 kali lebih kuat dari yang pernah dialami Lisbon.

9. Jembatan Incheon, Korsel
Di posisi sembilan ada Jembatan Incheon di Korsel. Jembatan ini memiliki panjang 18,4 km.
Traveler bisa mencicipi kegagahan Jembatan Incheon menuju pusat Kota Seoul. Tak hanya itu, turis juga bisa merasakan jembatan ini setelah turun di Bandara Incheon menuju Seoul.

8. Jembatan 6 Oktober, Mesir
Ibukota Mesir, Kairo juga memiliki jembatan yang panjang, yaitu Jembatan 6 Oktober atau 6th October Bridge. Jembatan ini memiliki panjang 20,5 km.
Untuk membuatnya, ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan cenderung lama, yaitu 30 tahun. Setiap hari, setengah juta orang melalui Jembatan 6 Oktober. Bahkan, saking padatnya, traveler harus menghabiskan waktu 45 menit untuk melaluinya.

7. Chesapeake Bay Bridge-Tunnel, AS
Salah satu jembatan terpanjang di dunia juga bisa turis lihat saat berada di Virginia, AS. Jembatan ini berbeda dibanding yang lain karena mengombinasikan jembatan dan terowongan.
Memiliki panjang 24,1 km, Chesapeake Bay Bridge-Tunnel telah menolong banyak orang. Sebelum ada jembatan, orang-orang harus menyetir sejauh 152 km dari Norfolk ke Delaware Valley. Namun, sejak jembatan diresmikan pada tahun 1964, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

6. Jembatan Atchafalaya Basin, AS
Selain Chesapeake Bay Bridge-Tunnel, AS juga punya jembatan lain yang bisa Anda kunjungi, yaitu Jembatan Atchafalaya Basin di AS. Jembatan ini menghubungkan Baton Rouge dan Lafayette.
Jembatan yang berada di Louisiana ini memiliki dua cabang, dengan panjang 29,3 km. Berada di sini, Anda serasa tidak berada di atas jembatan karena kekokohannya.

5. Jembatan Donghai, China
Di posisi kelima ada Jembatan Donghai di China. Jembatan dengan panjang 32,5 km ini menghubungkan Kota Shanghai dengan Yangshan. Ia berdiri kokoh di atas Laut China Selatan.
Sayangnya, peraturan melarang turis untuk mengemudikan kendaraan di atas jembatan ini. Jadi, Anda hanya bisa menikmati keindahan sekeliling jembatan dari bangku penumpang.

4. Jembatan Runyang, China
Masih di China, jembatan terpanjang keempat adalah Runyang. Jembatan ini bisa dilihat turis yang mengarungi Sungai Yangtze dengan kapal. Panjang jembatan ini 35,6 meter.
Tak hanya itu, traveler juga bisa melihatnya ketika naik kapal Beijing-Shanghai Expressway. Ketika selesai dibangun pada tahun 2005 lalu, jembatan ini menjadi salah satu jembatan terpanjang di China dan dunia.

3. Jembatan Teluk Hangzhou, China
Tampaknya China memiliki banyak jembatan terpanjang di dunia. Setelah Jembatan Donghai dan Runyang, kini giliran Jembatan Teluk Hangzhou. Jembatan ini berada di kota yang namanya sama, yaitu Kota Hangzhou.
Perlu waktu lebih dari 10 tahun untuk merancang dan membuat jembatan sepanjang 35,7 km. Hingga akhirnya Anda bisa melihatnya berdiri tegak di wilayah West Lake.

2. Jembatan Manchac Swamp, AS
Louisiana ternyata tak hanya memiliki Jembatan Atchafalaya Basin, tetapi juga Jembatan Manchac Swamp. Inilah jembatan terpanjang kedua di dunia dengan panjang 36,7 km.

1. Lake Pontchartrain Causeway, AS



Dilihat Dari Google Earth

Berdasarkan Guinness Book of World Records, Lake Pontchartain Causeway adalah jembatan terpanjang pertama di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 38,4 km.
Berada di sini, turis akan melalui perairan di New Orleans, tepatanya Danau Pontchartrain. Jadi, selama melintas jembatan, hampir seluruh pemandangan Anda akan disuguhkan kawasan perairan yang luas.

2 komentar:

  1. jembatan yang ada di AS panjang banget ya , gimana kalau kehabisan bensin di jalan ya , rasanya gak bisa ngebayangin gimana sulitnya ..

    ReplyDelete
  2. panjang panjang sekali ya gan,,jembatan nya..apalgi yang d amerika itu panjang bangett

    ReplyDelete

kirim masukan tentang factorlier disini!!

Name

Email *

Message *