Ayo Cari RANDOMINFO lainnya disini

5 Fakta Unik Yang harus Diketahui Soal Sistem Pernapasan

.
RANDOMINFO - Sama dengan sistem tubuh lainnya, sistem pernapasan juga terdiri atas beberapa organ dan struktur tertentu, antara lain paru-paru, tenggorokan, dan diafragma. Fungsinya mengedarkan oksigen ke penjuru tubuh, serta membuang gas berbahaya seperti CO2 keluar dari tubuh.
Namun fungsi sistem pernapasan sebenarnya tak hanya itu saja. Untuk itu simak beberapa fakta unik tentang sistem ini, seperti dikutip dari Livescience, berikut ini.
1.Sirkulasi sistem pernapasan 'ditemukan' abad 13
Sirkulasi dalam sistem pernapasan merupakan sebuah proses di mana darah bergerak dari jantung ke paru-paru lalu kembali ke jantung. Aliran darah inilah yang menjaga agar jantung tetap terisi oksigen, yang diambil darah dari paru-paru.
Namun ternyata fakta ini baru diketahui pada abad ke-13, tepatnya tahun 1243 oleh seorang dokter asal Arab bernama Ibnu al Nafis dalam bukunya, Commentary on Anatomy in Avicenna's Canon. Barulah 300 tahun kemudian peneliti Eropa mendapatkan kesimpulan serupa.

2.Kuda hanya bernapas lewat hidung
Manusia dan sejumlah mamalia lainnya biasanya bernapas dengan mulut namun kuda ternyata hanya bisa melakukan hal ini lewat kedua lubang hidungnya. Lagipula kuda memiliki sebuah jaringan yang berfungsi memisahkan rongga mulut dengan hidungnya.
Jadi ketika makan, jaringan ini akan menutup rongga hidung dan membuka rongga mulut sehingga makanan bisa masuk ke kerongkongan. Begitu pula sebaliknya ketika mereka bernapas.

3.Pasien asma pernah diobati psikoterapi
Antara tahun 1930-1950an, banyak orang yang mengira akar dari gangguan asma adalah masalah psikologis. Untuk itu pengobatan asma difokuskan pada psikoanalisis. Bahkan terapis di masa itu menganggap mengi yang dialami seorang anak penderita asma merupakan tangisan yang tertahan dari si anak.

4.Alasan dada naik-turun saat bernapas
Saat menghirup udara, dada tampak mengembang, begitu juga sebaliknya. Namun sebenarnya pergerakan dada ini tidaklah disebabkan aktivitas udara yang keluar-masuk dari paru-paru.
Yang benar, saat udara masuk, diafragma berkontraksi dan bergerak ke bawah sehingga menambah ruang di dalam rongga dada. Pada waktu yang bersamaan, otot-otot antara tulang rusuk juga berkontraksi untuk mengangkat tulang tersebut ke atas. Dan hal sebaliknya terjadi ketika napas dihembuskan.

5.Gajah punya struktur pernapasan yang unik
Dalam sistem pernapasan mamalia dan manusia, daerah di antara lapisan-lapisan pelindung paru-paru (pleura) biasanya mengandung cairan pleura yang memberikan lubrikasi ketika paru-paru melebar dan berkontraksi.
Namun sebuah artikel yang dipublikasikan jurnal Respiration Physiology pada 2011 mengungkapkan, pada gajah daerah itu terisi dengan jaringan ikat sehingga gajah bisa menyelam sekaligus tahan terhadap perbedaan tekanan ketika berada di atas maupun di bawah air tanpa mengalami pecahnya pembuluh darah di lapisan paru-paru.

6 komentar:

  1. terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete
  2. terimaksih informasinya agn,,sangat brmanfaat sekali,.

    ReplyDelete
  3. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add bbm kami *58ab14f5*

    ReplyDelete
  4. Kalah melulu di agen lain?
    mari coba disini F4ns Bett1ng (5ee80afe) ^^

    ReplyDelete

kirim masukan tentang factorlier disini!!

Name

Email *

Message *