Ayo Cari RANDOMINFO lainnya disini

6 Fakta Unik Tentang Istana Merdeka

.
RANDOMINFO - Istana Merdeka merupakan satu dari enam istana Presiden di Indonesia. Istana yang umurnya ratusan tahun ini ternyata punya banyak fakta unik dan bisa traveler lihat saat mengikuti tur ke dalamnya. Berikut, 6 fakta unik tentang Istana Merdeka yang harus Anda tahu.
Anda bisa ikut tur Istura (Istana Untuk Rakyat), yaitu jalan-jalan ke dalam Komplek Istana Kepresidenan Indonesia. Dalam komplek itu, ada Istana Merdeka dan Istana Negara. Anda bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah dan menengok isi di dalamnya.
Tapi, tur Istura ini hanya bisa membawa Anda masuk ke dalam istana Merdeka saja. Jangan kuatir, ada banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan di sana. Disusun detikTravel, berikut 6 fakta unik di dalam Istana Merdeka:
1.Pohon berusia 144 tahun
Di depan halaman Istana Merdeka, ada pohon trembesi besar dengan nama latin Samanea Saman. Tapi, pohon ini lebih dikenal dengan sebutan Ki Hujan yang mencuri perhatian wisatawan. Selain bentuknya yang besar dan tinggi, pohon ini ternyata usianya ratusan tahun!
"Pohon Ki Hujan usianya 144 tahun, sudah ada sejak tahun 1870. Usianya lebih tua dari bangunan Istana Merdeka sendiri," ujar pemandu tur Istura, Retno saat detikTravel mengikuti turnya beberapa waktu lalu.
Pohon Ki Hujan masih berdiri dengan gagah hingga sekarang. Di bawah pohon inilah, Presiden SBY pernah menjamu penyerang kesebelasan nasional Perancis Zinedine Zidane.

2.Dulunya bernama Istana Gambir
Dulu, Istana Merdeka memiliki nama Istana Gambir karena letaknya yang berada di kawasan Gambir. Sejarahnya, tahun 1949 di sana diadakan pngakuan kedaulatan kemerdekaan Indonesia oleh Pemerintah Belanda. Saat itulah, bendera Merah Putih pertama kalinya berkibar di sana.
"Kala itu, masyarakat yang menyaksikan pengibaran bendera Merah Putih berteriak 'Merdeka, merdeka!' Sejak itulah, Presiden Soekarno mengganti nama Istana Gambir menjadi Istana Merdeka," tutur Retno.

3.'Jepara' di dalam Istana Merdeka
Di dalam Istana Merdeka terdapat Ruang Jepara yang jadi tempat pertemuan terbatas Presiden dengan tamu-tamu negara. Di dalamnya banyak perabotan kayu yang diambil dari Jepara.
"kayu-kayu di dalam ruangan ini semuanya berasal dari Jepara, makanya dinamakan Ruang Jepara," ujar Retno.

4.Punya mini golf
"Coba lihat, ada rumput yang warnanya berbeda di lapangan, itu adalah mini golf yang biasa digunakan Presiden SBY," ucap retno saat rombongan melintasi lapangan yang menghubungkan Istana Merdeka dan Istana Negara.
Lapangan mini golf tersebut biasanya digunakan Presiden SBY saat bersantai dan di kala tidak sempat bermain golf di luar.

5.Tempat disimpannya bendera merah putih rajutan Fatmawati
"Di salah satu dari delapan ruangan di ruang tengah Istana Merdeka disimpan bendera Merah Putih rajutan Fatmawati, istri Presiden Soekarno," kata Retno.
Bendera tersebut merupakan bendera yang digunakan saat upacara proklamasi kemerdekaan di Jl Pegangsan Timur, di depan rumah Presiden Soekarno. Benderanya masih tersimpan dengan baik.

6.Gazebo yang dulunya tempat belajar
Di lapangan yang menghubungkan antara Istana Merdeka dan Istana Negara terdapat suatu gazebo besar. Gazebo ini biasa digunakan presiden dan kluarganya untuk bersantai. Tapi di balik itu, rupanya gazebo ini dulunya tempat belajar anak-anak.
'Anak-anak di Batavia (Jakarta) belajar di gazebo ini. Tapi, gurunya atau pengajarnya berasal dari orang Belanda.

2 komentar:

  1. ouh faktanya unik sekali ya gan , terimakasih ..

    ReplyDelete
  2. pengen berkunjung kesana,,dan melihat lihat sendiri dalam nya heheheh

    ReplyDelete

kirim masukan tentang factorlier disini!!

Name

Email *

Message *