Ayo Cari RANDOMINFO lainnya disini

11 Fakta Menarik Tentang Konser Metallica di Indonesia

.
RANDOMINFO - Tak sedikit yang berpendapat bahwa konser Metallica, Minggu (25/8) kemarin sangat mengesankan. Bahkan sebagian besar fans sepakat bahwa ini adalah konser band mancanegara terbaik tahun ini di Indonesia.
Pendapat tersebut sama sekali tak berlebihan. Banyak faktor yang bisa membenarkannya. Di balik semua itu, sebenarnya banyak cerita menarik tentang konser ini. Seperti apa? Simak halaman berikut ini, 11 Fakta Menarik Konser Metallica di Indonesia.
1.Ramai Sejak 2012
Kabar Metallica bakal menggelar tur di Asia Tenggara sebenarnya sudah beredar sejak bulan Agustus tahun lalu. Ketika itu promotor Original Production, Tommy Pratama menyebutkan melalui Twitter bahwa band legendaris ini bakal menggelar konser pada Maret 2013.
Sontak rumor bahwa Metallica bakal singgah dan konser di Indonesia pun ramai dibicarakan. Namun pihak promotor buru-buru menjelaskan bahwa kabar itu belum bisa dipastikan. Fans di Indonesia pun harus kembali bersabar menanti kepastian.

2.Kepastian Konser
Sejak rumor yang dilempar pada 2012 silam, nama Metallica sangat sering dibahas di tanah air. Apalagi Gubernur Jakarta,Jokowi sempat menerima hadiah bass dari bassist MetallicaRobert Trujillo.
Konser ini makin mendekati kenyataan setelah sebuah poster 'bocor' di dunia maya. Poster tersebut menjelaskan bahwa Metallica bakal menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 25 Agustus 2013.
Beberapa minggu setelah itu barulah promotor Blackrock memastikannya. Melalui Twitter, mereka menyebutkan bahwa Metallica bakal menggelar konser di Indonesia, persis seperti yang disebutkan di poster. Pengumuman serupa juga diungkapkan Metallica lewat akun Facebook mereka.

3.Konser Kedua
Patut diketahui, konser di SUGBK kemarin merupakan aksi kedua Metallica di Indonesia. Sebelumnya James Hetfield dan kawan-kawan pernah menggebernya di Lebak Bulus, Jakarta, tepat 20 tahun lalu.
Tak hanya fans di Indoensia yang rindu, Metallica pun merasakan hal yang sama. Kerinduan itu mereka ungkapkan lewat situr resminya.
"We are also super excited to be returning to Jakarta, Indonesia  or only the second time ever. It’s been over 20 years (WAY too long!) and this time around we be will hitting the stage at Galora Bung Karno Stadium on August 25," tulis mereka di situs resmi Metallica.

4.Pengamanan Super
Konser cadas dan kapasitas SUGBK yang mencapai lebih dari 60.000 membuat promotor harus mengantisipasi sisi keamanan. 3000 bahkan lebih aparat pun disiapkan demi mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Yup, 20 tahun lalu konser Metallica memang sempat diwarnai kerusuhan.
"Konser Metallica akan mendapatkan penjagaan hampir sekitar 3000 aparat kepolisian dan itu di luar dari pengamanan internal yang akan dilakukan oleh pihak promotor BlackRock," jelas Krisna Raditya mewakili Blackrock.

5.Awalnya Tak Ada Band Pembuka
Semua tahu bahwa Seringai terpilih sebagai band pembuka konser akbar ini. Namun beberapa bulan sebelumnya BlackRock justru menyebut bahwa konser ini tidak bakal dibuka oleh band manapun. "Tidak ada band pembuka di konser Metallica," katanya.
Beberapa hari jelang konser, promotor berubah pikiran. Seringai terpilih sebagai band pembuka konser Metallica. Bahkan personel Seringai sendiri kaget dengan pengumuman mendadak tersebut.

6.#DemiMetallica
Ada satu hal menarik yang sebelumnya tak pernah terjadi di konser lain. Hal tersebut adalah munculnya akun DemiMetallica di jejaring sosial Twitter. Fans Metallica di manapun berada dapat menggunakan akun ini sebagai fasilitas untuk jual beli barang demi menonton konser Metallica.
Akun ini sangat populer dan mendapat respon positif dari berbagai pihak. Berbagai koleksi langka berhasil berpindah tangan. Hebatnya, akun ini ditutup seiring dengan kelarnya konser Metallica. Yup, ini adalah akun murni solidaritas antar fans Metallica. Hebat!

7.Kekuatan 58 Ton
Banyak penonton bertanya-tanya, bagaimana bisa Metallica menghasilkan sound segahar itu? Ini jawabannya, "Untuk sound sistem, mereka minta satu brand sound dan kita ambil dari lokal," tutur Krishna. 
Lalu bagaimana dengan lighting yang memanjakan mata kemarin? Menurut Krishna, promotor telah menyiapkan kapasitas listrik hingga 200 ribu watt!
Metallica sendiri dikabarkan membawa peralatan panggung seberat 58 ton! "Untuk tur mereka membawa tiga set alat musik dengan menggunakan 10 kontainer. Kira-kira beratnya mencapai 58 ton," kata Krishna.

8.Permintaan Metallica
Band legendaris ini ternyata tak meminta macam-macam demi memberikan penampilan yang terbaik. Seperti yang diakui promotor, permintaan Metallica sangat mudah dipenuhi. Bahkan promotor pun mengaku terkejut.
"Enggak macam-macam, set nya yang penting bersih. Mereka cuma minta hotel untuk bisa mandi, ada handuk terus bisa balik lagi. Enggak harus bintang lima dan minta sedekat mungkin dengan venue," jelas Krishna.

9.Peran Jokowi
Di balik segala cerita sukses konser ini, promotor tak ingin melupakan jasa Gubernur Jakarta, Jokowi. Taye Mashur dari pihak promotor pun angkat topi dengan peran Sang Gubernur.
"Jokowi sudah beli tiket. Dia melihat ini suatu hobi, bukan sebagai Gubernur. Dengan gayanya yang begitu siapa yang tahu kalau dia rocker. Dia pemimpin Ibu Kota, saya angkat topi," ungkap Taye.
Jokowi sendiri akhirnya benar-benar hadir di konser ini. Bukannya memilih tiket VIP, Jokowi malah asyik berdiri dan berbaur dengan penonton lainnya di lapangan (Festival).

10.Penutup Rumput
Penonton konser Metallica bertiket Festival pasti tahu benar bahwa mereka sama sekali tak menginjak rumput malam itu. Yup, untuk pertama kalinya sebuah konser di Indonesia menggunakan penutup rumput. Tentu saja ini merupakan pencegahan rusaknya rumput GBK.

11.Kesan Metallica
Konser di Indonesia tak akan pernah dilupakan oleh Metallica. Alasannya, fans di Indonesia mampu memberi kesan khusus untuk para personel. Menurut Metallica, fans di Indonesia merupakan penonton dengan koor terkeras, terutama di lagu Enter Sandman.
Metallica memang tampak puas dengan konsernya kali ini. Bahkan di akhir konser, para personel membentangkan sebuah bendera Merah Putih di atas panggung. Satu lagi, di akhir penampilannya, Metallica sempat berjanji akan kembali lagi ke Indonesia. Sebuah bentuk penghormatan Metallica untuk fansnya di Indonesia.

1 komentar:

  1. yuk gabung bersama kami di ^ionQQ^com
    menangkan hadiah'nya hingga jutaan rupiah
    tunggu apalagi guys, yuk daftarkan segera diri anda sebelum terlambat..
    pin BB : 58ab14f5

    ReplyDelete

kirim masukan tentang factorlier disini!!

Name

Email *

Message *