Ayo Cari RANDOMINFO lainnya disini

5 Fakta Yang Perlu Anda Ketahui tentang Kepulauan Andaman

.
RANDOMINFO - Menurut kabar baru, pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak pekan lalu mengalihkan penerbangannya dari perairan Vietnam ke Kepulauan Andaman, India.
1.Banyak pulau tak berpenghuni
Kepulauan Andaman adalah bagian dari teritorial India dan Kepulauan Nicobar. Di sana terdapat 572 pulau dan hanya tiga lusin di antaranya yang berpenghuni. Kebanyakan pulau tersebut dihuni oleh imigran dari Asia Selatan, juga suku-suku primitif yang masih asing dari peradaban modern.

2.Landasan bandaranya cukup panjang untuk pesawat Boeing 777
Bandara utama Andaman adalah Bandara Veer Savarkar di Port Blair, salah satu pulau terbesar di Kepulauan Andaman. Bandara ini memang hanya beroperasi di siang hari, namun landasannya cukup panjang dan mampu mengakomodir pesawat sebesar Boeing 777 milik MH370 Malaysia Airlines. Tapi, tentunya bila memang pesawat tersebut mendarat di sana akan segera diketahui oleh militer India karena wilayah tersebut merupakan salah satu pangkalan militer terpenting milik India.

3.Kepulauan ini pernah dihantam tsunami
Ketika terjadi gempa bumi dan tsunami pada 26 Desember 2004 di Aceh, Kepulauan Andaman juga terkena dampaknya. Sekira 11 ribu orang tewas karena tsunami menghantam kepulauan ini.

4.Pernah jadi penjara kolonial
Kepulauan Andaman pernah menjadi tempat tahanan Inggris pada 1790an dan 1858. Setelah merdeka dari Inggris, India mengambil alih Kepulauan Andaman dan Nikobar pada 1947 kemudian mengembalikan tahanan yang ada di sana.

5.Pernah dikunjungi Marco Polo
Penjelajah Marco Polo kabarnya pernah mengunjungi Kepulauan Andaman pada abad ke-13. Ia bahkan disebut menamai salah satu pulau di Kepulauan Andaman dengan "Angamanain".

2 komentar:

kirim masukan tentang factorlier disini!!

Name

Email *

Message *