7 Hal Seputar Pemilu Australia

RANDOMINFO - Pada Sabtu (7/9/2013), rakyat Australia akan memberikan suara untuk memilih pemimpin baru negeri benua itu. Perdana Menteri Kevin Rudd dan pimpinan oposisi Tony Abbott mencoba merebut hati warga Australia agar bisa menduduki tampuk pemerintahan negeri itu. Namun, seperti apa sistem pemilu di Australia? Dan apa hubungannya dengan makan sosis? Berikut tujuh hal yang perlu diketahui seputar pemilu Australia.
1.Apakah Ratu dapat memilih?
Tidak. Ratu tidak pernah memberikan suara. Sebagai Kepala Negara Australia, ia harus tampil netral secara politik. Ia juga tidak memberikan suara dalam pemilu Inggris.
Gubernur Jenderal adalah Wakil Ratu di Australia. Sebagai seorang warga negara Australia berusia 18 tahun atau lebih, ia diharuskan memberikan suara, tetapi sebagai Gubernur Jenderal tidak. 
Kantornya biasanya menulis sepucuk surat yang menjelaskan mengapa ia tidak dapat memberikan suara. Pejabat yang berwenang akan memutuskan bahwa alasan itu dapat diterima. Jadi, ia tidak harus membayar denda karena tidak memilih.
Siapa lagi yang tidak memilih di Australia? Nah, seseorang tidak dapat memilih jika sedang menjalani hukuman penjara tiga tahun atau lebih, jika dianggap "berpikiran tidak waras" (tidak mampu memahami pemungutan suara), atau jika pernah dihukum karena makar.

2.Mengapa memilih adalah wajib?
Australia adalah satu dari sekitar 30 negara di mana memberikan suara adalah sebuah kewajiban. Peraturan ini sudah berlaku untuk pemilu federal sejak 1924. 
Setiap warga negara Australia berusia 18 tahun atau lebih harus memilih. Jika golput, maka ia akan dikenai denda. 
Mengapa? Alasan utamanya adalah memaksimalkan partisipasi warga negara dalam pemilu. Jumlah orang yang memberikan suara di Australia tidak pernah di bawah 90 persen sejak 1924, sementara kebanyakan negara Barat lainnya kepayahan mencapai 60 persen. 
Kalau seseorang tidak memilih, dia mungkin harus membayar denda hingga 170 dollar Australia (ditambah ongkos pengadilan).

3.Apakah Anda tetap harus memilih jika Anda berada di luar negeri?
Anda boleh lari, tetapi tidak bisa bersembunyi. Anda dapat memilih selama Anda berencana pulang ke Australia dalam enam tahun mendatang. Komunitas terbesar pemilih Australia adalah di London dan Hongkong. Tentu saja, tidak ada calon di daerah pemilihan itu. Pemilih yang hidup di luar negeri memberikan suara untuk daerah pemilihan berdasarkan alamat terakhir mereka.

4.Mengapa orang makan sosis pada hari pemilu?
Orang Australia suka sosis! Karena TPS sering kali dibuka di sekolah-sekolah atau gereja, banyak organisasi komunitas memanfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan dana dengan menjual kue-kue atau sosis panggang kepada orang-orang yang datang memberikan suara.
Makan sosis sambil menunggu di antrean atau setelah memberikan suara menjadi tradisi yang sangat disukai di Australia, seperti cap jempol sebagai bukti Anda sudah memilih.
Malah, orang Australia begitu mencintai tradisi ini, sampai ada peta interaktif yang menunjukkan di mana pemilih bisa mendapatkan sosis yang terdekat dari kediamannya, dan juga memberi tahu apakah ada pilihan bagi orang-orang yang vegetarian atau tidak makan daging.

5.Bagaimana orang Australia memilih?
Ada beberapa sistem memilih melalui komputer, tetapi sebagian besar orang Australia masih menggunakan pensil untuk mencontreng. Jika seorang pemilih tidak dapat melihat atau tunanetra, maka yang bersangkutan dapat memberikan suara secara online atau melalui telepon.
Australia menggunakan sistem preferensial. Untuk tingkat legislatif, pemilih memberi nomor "1" di sebelah nama calon yang mereka pilih, atau "preferensi pertama" mereka. 
Calon-calon lainnya diberi nomor "2", "3", "4", dan seterusnya sesuai urutan preferensi mereka. Orang Australia juga memilih untuk separuh anggota senat dalam pemilu.

6.Kapan pemilih tahu pemenang pemilu?
Pemungutan suara selalu diselenggarakan pada hari Sabtu dan penghitungan suara dimulai segera setelah TPS ditutup pada pukul 18.00. Kertas suara dihitung secara manual. 
Kotak-kotak suara dikosongkan dan kertas suara ditaruh di atas meja, dipisahkan dan disortir menjadi beberapa tumpukan. 
Kertas suara juga dihitung kembali hari berikutnya secara manual dan menggunakan mesin. Hasilnya dapat diketahui dalam waktu dua jam.
Hasil masuk dengan cepat sebagian karena cara bagaimana kertas suara dihitung. Pertama, semua suara nomor "1" untuk seorang kandidat dijumlahkan. 
Jika seorang kandidat mendapat lebih dari 50 persen suara nomor "1", maka kandidat itu terpilih! 
Jika tidak ada kandidat yang mendapat lebih dari separuh suara nomor "1", maka kandidat dengan suara paling sedikit dikeluarkan dan suaranya ditransfer untuk kandidat-kandidat lain yang dipilih sebagai nomor "2" . 
Begitu seterusnya, sampai seorang kandidat menerima lebih dari separuh suara dan dinyatakan sebagai pemenang.

7.Benarkah Anda dapat memilih "donkey" atau keledai?
Tidak. Kalau orang Australia bicara tentang "donkey vote", yang mereka maksudkan adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. 
"Donkey vote" adalah ketika Anda asal-asalan saja memberi nomor urut dari atas ke bawah untuk seorang kandidat.
Kelihatannya agak aneh, tetapi itu tidak berarti tidak akan dihitung! "Donkey vote" tetap suara yang sah. 
Memilih adalah wajib di Australia. Jadi, "donkey vote" merupakan bentuk protes atau sikap apatis.

Comments

  1. In1 y4ng di tunggu" guys| I0nqq t3lah m3ngh4dirkan g4me baru B4ND4R P0K3R (N3w G4m3)|
    4nda mau menjadi b4ndar|sil4k4n d4ft4r di www*i0nqq*c0m|p1n bb:*58ab14f5*

    ReplyDelete
  2. Dukung tim bola kesayangan Anda dengan pasaran bola terbaik di www(dot)updatebetting(dot)co

    ReplyDelete

Post a Comment

Wikipedia

Search results

Pageviews past week